Mudah Lupa? Kenapa?

September 27, 2021

Pernahkah kamu merasakan sebuah kejadian dimana dengan cepatnya kamu melupakan sebuah hal?, misalnya kamu baru saja meletakkan sebuah benda di meja ruangan rumah kemudian ketika kamu hendak keluar rumah dan kembali lagi ternyata kamu mencari benda tersebut dengan bingung karena kamu telah lupa dimana kamu meletakannya. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun apabila kamu terlalu sering mengalami lupa seperti ini, bisa jadi hal tersebut disebabkan karena kamu mengalami penurunan daya ingat. Demensia atau penurunan daya ingat tidak hanya dialami oleh orang pada usia lanjut saja, namun dapat terjadi pada usia muda. Kondisi ini dapat mengakibatkan terganggunya produktifitas seseorang menjadi kurang.

Jadi, kenapa di usia muda sudah menjadi pelupa? Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan penurunan daya ingat :

1. Pola hidup tidak sehat

Berbagai masalah dapat timbul dari pola hidup tidak sehat, mulai dari rutinitas sehari-hari sampai dengan apa yang biasanya kita konsumsi.

  • Kurang tidur, kurang istirahat dapat menyebabkan peningkatan beta-amiloid di otak, sehingga dapat menyebabkan penurunan daya ingat.
  • Mengonsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyusutkan otak, sehingga dapat mengakibatkan penurunan kemampuan berpikir dan penurunan daya ingat.
  • Mengonsumsi makanan tanpa mengindahkan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat mengakibatkan tubuh kamu tidak mendapatkan nutrisi yang seharusnya diterima oleh tubuh. Hal tersebut dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit, dan salah satunya adalah penurunan daya ingat.

 

2. Depresi

Gangguan suasana hati karena beban pikiran yang berat sehingga menimbulkan depresi tentu dapat menghilangkan konsentrasi dan menyebabkan gangguan kesulitan untuk mengingat sesuatu.

 

3. Anemia

Anemia adalah kondisi dimana seseoarang mengalami kekurangan sel darah merah. Sel darah merah mempunyai peran penting untuk mengantarkan oksigen ke berbagai jaringan dalam tubuh. Hal tersebut dapat membuat badan terasa lemah, lesu dan sulit untuk berkonsentrasi.

 

4. Pengaruh obat-obatan

Jika kamu sedang dalam pengobatan, dan rutin mengonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang, ada baiknya kamu konsultasikan dengan dokter, apakah obat-obatan yang kamu konsumsi dapat memberikan efek negatif seperti penurunan daya ingat.

 

Jika, kamu mengalami penurunan daya ingat yang cukup parah, ada baiknya untuk dapat berkonsultasi dengan dokter sehingga resiko penurunan daya ingat yang semakin memburuk dapat segera teratasi.

Posted in Artikel by AdminRSJ

Leave a Comment